Rabu, 28 September 2016

Perbaiki Kekuatan Nuklir, Pentagon Janjikan Dana Gila-gilaan



RAKSASABERITA  -  Kepala Pentagon, Ashton Carter, menjanjikan alokasi dana gila-gilaan untuk memperbaiki kekuatan nuklir Amerika Serikat (AS). Dana yang dijanjikan itu mencapai USD108 miliar.

Carter mengatakan, Pentagon berkomitmen untuk mengoreksi apa yang dia sebut sebagai dekade shortchanging dari kekuatan nuklirnya.

Berbicara di sebuah basis rudal dan bom nuklir di Minot, North Dakota, AS, Menteri Pertahanan AS ini menyebut, dana USD108 miliar akan dialokasikan untuk mempertahankan dan meningkatkan kekuatan nuklir AS selama lima tahun ke depan.

Carter, seperti dikutip AP, Selasa (27/9/2016), telah mengunjungi pusat fasilitas rudal nuklir yang berlokasi 85 kaki di bawah tanah. Dia  mengucapkan terima kasih kepada para teknisi nuklir dan menyatakan dukungan untuk membangun rudal, bom nuklir dan kapal selam generasi baru. Rencana itu bakal menelan dana ratusan miliar dollar AS.

Sebelumnya, bos Pentagon tersebut mengungkapkan bahwa NATO sedang meninjau pedoman nuklir untuk mencegah ancaman serangan mengerikan dari Rusia. Carter menganggap senjata nuklir Rusia sangat berbahaya bagi keamanan AS dan sekutu-sekutunya.

Menurut Carter, kekuatan nuklir Amerika harus siap untuk terlibat dalam konfrontasi nuklir yang mungkin terjadi dengan Rusia.

”Rusia telah lama menjadi kekuatan nuklir, namun Moskow baru-baru ini membangun sistem senjata nuklir baru yang menimbulkan pertanyaan serius tentang komitmen pemimpinnya (tentang) stabilitas,” kata Carter.

Dia mempertanyakan kepatuhan Rusia soal perjanjian lama perihal penggunaan senjata nuklir. ”Apakah mereka menghormati secara mendalam dan hati-hati, bahwa pemimpin era Perang Dingin menunjukkannya dengan mengacungkan senjata nuklir mereka,” ujar Carter.



EmoticonEmoticon

 photo Banner-ke2_zpsxplcey4j.gif


 photo Bannerke3_zpsd2fmjhfz.gif

 photo Bannerke4_zps7zzryr03.gif