Kamis, 01 September 2016

Sponsor Club sepakbola termahal Didunia



RAKSASABERITA - pekan lalu, Chelsea baru saja mengumumkan tercapainya kesepakatan kerja sama sponsor dengan perusahaan ban asal Jepang, Yokohama Rubber. Dengan nilai kontrak fantastis sebesar 40 juta Pounds per tahun, Yokohama Rubber akan menggantikan Samsung sebagai sponsor utama yang tertera di bagian depan jersey Chelsea musim depan.

Nominal tersebut jelas merupakan sebuah nilai fantastis yang akan berperan sangat signifikan dalam penguatan skuat The Blues. Namun apakah jumlah 40 juta Pounds per tahun sudah cukup besar untuk memecahkan rekor nilai kontrak sponsor jersey di sepakbola?

Berikut Bolanet sajikan deretan klub dengan nilai sponsor jersey termahal dalam sejarah sepakbola, disadur dari Independent. Berada di urutan berapakah Chelsea dan Yokohama Rubber? Apakah tim kesayangan Bolaneters masuk dalam daftar berikut?

8. STANDARD CHARTERED ( LIVERPOOL )

Standard Chartered menggantikan sponsor legendaris Liverpool, perusahaan bir Carlsberg pada tahun 2010 silam. Saat ini mereka memiliki kontrak senilai 20 juta Pounds per tahun bersama The Reds hingga tahun 2016 mendatang, dan sedang menjajaki perpanjangan dengan tambahan 10 juta Pounds lebih banyak per tahunnya.

7. ETIHAD AIRWAYS ( MANCHESTER CITY )

Etihad Airways mengumumkan kerja sama masif senilai 400 juta Pounds selama sepuluh tahun dengan Manchester City pada tahun 2009 silam. Namun dari jumlah tersebut, hanya 50 persen yang dialokasikan sebagai kerjasama sponsor jersey. Sisanya diatas namakan dalam bentuk kerja sama lain, termasuk pembelian hak nama stadion City of Manchester menjadi Etihad Stadium.

6. QATAR AIRWAYS ( BARCELONA )

Qatar Airways menandatangani kontrak senilai 150 juta Pounds dengan Barcelona pada tahun 2011 silam, dan berlaku sampai 2016 mendatang. Namun Qatar Airways sendiri baru tertera di bagian depan jersey Barca mulai musim 2013-14.

5. DEUTSCHE TELEKOM ( BAYERN MUNCHEN )

Logo perusahan telekomunikasi Deutsche Telekom sudah terpampang di jersey Bayern sejak tahun 2010 silam, dan dua tahun lalu diperpanjang hingga tahun 2017 mendatang. Deutsche Telekom menjadi salah satu sponsor dengan andil pemasukan terbesar bagi Bayern selain Allianz dan juga Adidas.

4. EMIRATES AIRLINE ( REAL MADRID )

Emirates Airline merupakan salah satu perusahaan yang paling gencar membangun brand mereka dengan menjadi sponsor klub besar Eropa. Logo Fly Emirates menghiasi jersey AC Milan, Hamburg SV, PSG, dan Arsenal. Klub pengoleksi gelar Liga Champions terbanyak, Real Madrid turut menjalin kerjasama jersey sponsor dengan Emirates Airline sejak musim 2013-14, setelah sebelumnya mulai menjalin kerja sama sejak tahun 2011.

3. EMIRATES AIRLINE ( ARSENAL ) 

Arsenal merupakan klien termahal bagi Emirates Airlines di dunia sepakbola. Selain menjadi sponsor utama menggantikan O2 sejak musim 2006-07, Emirates Airlines juga memegang hak nama kandang The Gunners, Emirates Stadium hingga tahun 2021 mendatang.

2. YOKOHAMA ( CHELSEA )

Meningkatnya nilai jual Chelsea di seluruh dunia turut diimbangi melonjaknya nilai kerjasama sponsor jersey mereka. Samsung, yang menjadi sponsor mereka dalam satu dekade terakhir disinyalir 'hanya' memiliki kontrak dengan besaran 18 juta Pounds per tahun. Mulai musim depan, mereka akan beralih ke Yokohama Rubber yang menyiapkan kontrak fantastis senilai 40 juta Pounds per tahun, atau lebih dari dua kali lipat dari yang bisa diberikan Samsung.

1. CHEVROLET ( MANCHESTER UNITED ) 

Meski menurun dalam dua musim terakhir sepeninggal Sir Alex Ferguson, nama Manchester United sebagai klub paling menjual di dunia masih tidak luntur. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai kontrak sponsor fantastis senilai 53 juta Pounds per tahun dengan perusahaan otomotif terkemuka, Chevrolet. Logo Chevrolet mulai terpasang di kostum United sejak musim ini, dan akan dipertahankan sesuai kontrak hingga tujuh tahun mendatang.


EmoticonEmoticon

 photo Banner-ke2_zpsxplcey4j.gif


 photo Bannerke3_zpsd2fmjhfz.gif

 photo Bannerke4_zps7zzryr03.gif