Minggu, 21 Agustus 2016

Lulus standar terbang level tinggi, RI harap tak senasib India

Tags



INDONEWSMaskapai Indonesia akhirnya dapat kembali terbang ke Amerika Serikat dan negara-negara lain yang mengadopsi standar keselamatan dan keamanan Federal Aviation Administration (FAA). Ini menyusul keberhasilan Indonesia masuk kategori I FAA setelah lulus audit standar keselamatan dan keamanan.

Kepala Sub Direktorat Operasi Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Kapten Trisunuko berharap peringkat Indonesia tak lagi melorot ke kategori 2 FAA, seperti India. Indonesia masuk kategori 2 FAA sejak 2007.
"Sangat sulit mempertahankan kategori 1 FAA ini. Saat ini sekitar 1.500 pesawat melakukan penerbangan di Indonesia, maka diperlukan penambahan dan peningkatan baik infrastruktur, Sumber Daya Manusia, dan inspektur," ujarnya di Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang, Sumatera Utara, tadi malam.
Setelah ini, Kemenhub bakal mendorong maskapai nasional untuk mengajukan permohonan terbang ke Paman Sam dan negara-negara lain yang selama ini menggunakan standar FAA.
"Sama kayak pesawat asing ke Indonesia, dievaluasi dulu. Itu sudah aturan internasional, maskapai asing ke satu negara akan dievaluasi."
Kepastian maskapai Indonesia masuk Kategori 1 FAA didapat setelah Duta Besar Amerika Serikat Ad Interim Brian McFeeters memberikan langsung surat keterangan tersebut kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Senin lalu.


EmoticonEmoticon

 photo Banner-ke2_zpsxplcey4j.gif


 photo Bannerke3_zpsd2fmjhfz.gif

 photo Bannerke4_zps7zzryr03.gif