Kamis, 01 September 2016

Jurus Menko Luhut Tekan Harga gas RI agar setara Singapura



RAKSASABERITA -  harga gas untuk industri di indonesia saat ini dijual USD 8 Permetric British thermal Unit (MMbtu). Harga ini dua kali lipat lebih mahal dibanding negara tetangga seperti singapura yang hanya sebesar USD 4 per MMbtu . padahal singapura impor gas dari indonesia .

Menteri Koordinator bidang kemaritiman sekaligus pelaksana tugas (plt ) Menteri Energi dan sumber daya Mineral ( ESDM ) , Luhut Binsar Panjaitan klaim telah Menyiapkan beberapa Jurus Guna menekan Harga gas agar bisa menyentuh USD 4 per MMbtu atau setara singapura . salah satunya adalah dengan melakukan simulai dengan menurunkan harga gas secara bertahap .

"sekarang lagi buat simulasi kalau gas itu kita bikin USD 6 , USD 5 , USD 4 nah itu berapa pemerintah di rugikan atau pengurangan penerimaan negara dari simulasi itu  . tapi kita lihat beberapa dampaknya ini terhadap nilai tambah industri," kata luhut dikantornya , Jakarta , Raby(31/08/2016) saat di wawancarai RAKSASABERITA .

sampai saat ini , luhut mengaku belum mengetahui berapa kerugian negara yang akan diderita dengan melakukan simulasi tersebut . Namun , jika nanti negara mengalami Defisit penerimaan , tapi industri mendapat pemasukan yang signifikan , pihaknya akan melanjutkan cara tersebut untuk diimplementasikan .

"kita belum tahu sedang dihitung simulasinya . karena Industri itu kan lapangan kerja , pajak  , Multiplier Effectnya yang lain . jadi kalau pemerintah rugi katakan USD 100 juta penerimaan kurang tapi kalau dampaknya bisa berlipat ya kita pilih yang ini ," jelasnya .

dikatakan luhut , Pekan Depan menteri Perindustrian Airlangga Hartato Akan kembali menyambangi Kantornya untuk melakukan perhitungan tersebut ."nanti hari selasa , Rabu , Kamis pekan depan antara itu , Menperin akan datang kesaya . nanti perindustrian akan hitung kalau dampaknya sekian itu berapa . sekarang saya suruh lihat perindustrian dan hitung berapa dampak penurunan harga pas terhadap keekonomian terhadap industri misalnya  industri kopi , keramik , pupuk , dan apa saja .: tuturnya .

Selain melakukan simulasi , kata luhut , Pihaknya juga akan memangkas Pendistribusian Gas yang selama ini tidak efisien . sebagai contoh , ada satu daerah yang memiliki pipa sepanjang 1,6 Km namun hanya digunakan 40 persennya saja .

"nah itu kita hitung lagi , banyak toll fee tidak efisien misalnya ada satu daerah itu dibikinin pipanya berapa inci , penggunanya cuman 40 persen sehingga pengguna tol feenya jadi tinggi ," pungkasnya.



EmoticonEmoticon

 photo Banner-ke2_zpsxplcey4j.gif


 photo Bannerke3_zpsd2fmjhfz.gif

 photo Bannerke4_zps7zzryr03.gif